About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text ofering thetonat sunrising printing and typesetting industry seo is partysipati carma. Lorem Ipsum is simply dummy,
Follow Us

Blog

Logistik Tani, Salah Satu Upaya Kami Membantu Petani Indonesia

Selama manusia masih butuh makan, pertanian akan selalu dibutuhkan.

 

Masih ingat pelajaran IPS waktu SD? Indonesia, selain disebut sebagai maritim, telah lama disebut sebagai negara agraris, dimana ekonomi kita banyak ditunjang dari sektor pertanian. Sayangnya, hasil pertanian dan kesejahteraan petani di Indonesia masih jauh dari harapan.

Masalah pertanian di Indonesia termasuk kompleks. Berbagai masalah tersebut telah dicoba untuk dipecahkan oleh beberapa startup berikut ini :

  1. Riset dan Sumber Daya Manusia. Hal ini meliputi ketersediaan petani, penyuluh pertanian, riset pertanian, dan pengelolaan ilmu-ilmu pertanian serta peningkatan kemampuan petani dalam memecahkan masalah yang dihadapi di lapangan. Startup yang fokus pada permasalahan ini adalah Petani Apps.
  2. Lahan. Terkait dengan lahan, masalah pertanian yang muncul adalah berkurangnya ketersediaan lahan, dan sengketa lahan yang sering terjadi. Startup yang fokus pada permasalahan ini sepengetahuan saya belum ada.
  3. Sarana dan Prasarana. Masalah sarana dan prasarana meliputi ketersediaan pupuk, bibit, dan sarana produksi pertanian (Saprotan) lainnya. Startup yang fokus pada permasalahan ini belum ada.
  4. Permodalan. Layaknya dengan jenis usaha produksi lainnya, pertanian juga membutuhkan pendanaan dalam jangka waktu tertentu. Startup yang fokus pada permasalahan ini ada banyak seperti iGrow, Vestifarm, ataupun Karapan (bisa juga fokus pada pertanian). Biasanya startup ini memiliki bisnis model crowd funding ataupun crowd investing.
  5. Distribusi dan Harga. Masalah distribusi berkaitan dengan adanya tengkulak, ketersediaan stok, dan transportasi yang akan menimbulkan gejolak harga di pasar. Startup yang fokus pada permasalahan ini adalah Rego Pantes, Limakilo.

Lalu, Dimana Peran Logistik Tani?

Seperti yang telah disampaikan di postingan ini, Upward Project bersama Telkom Indonesia membangun Apps Logistik Tani, sebuah aplikasi yang membantu mewujudkan korporasi pertanian di Indonesia. Logistik Tani mendata para petani yang sedang mengerjakan lahan, beserta detail penggunaan pupuk, lokasi lahan, hama yang menyerang, musim tanam, dan harga panen.

Logistik tani juga memudahkan petani dan kelompok pertanian (Poktan) untuk mengajukan kredit untuk bertani, yang terhubung dengan bank penyedia kredit. Selain itu, fasilitas asuransi pertanian juga bisa diajukan dari aplikasi ini. Pengembangan fitur selanjutnya yang akan dikerjakan adalah fitur pengajuan kontrak pembelian hasil panen kepada Bulog, dan fitur pembelian sarana produksi pertanian secara online.

Logistik tani diharapkan mampu mengatasi masalah pertanian no. 2, 3, 4, 5 seperti yang telah disebutkan diatas. Namun, berbeda dengan aplikasi yang lain, aplikasi ini bukan aplikasi user based yang bisa dipakai publik. Pengguna dari aplikasi ini adalah Ketua Kelompok Pertanian, dan juga Penyuluh Pertanian yang ada di lapangan.

Dikutip dari Kompas, kedepannya, Logistik tani diharapkan juga bisa diarahkan untuk pengolahan dan analisis Big data dalam pertanian. Menarik kan? Penasaran? Tunggu full fiturnya , Keep go up and forward!

Post Tags:

No Comments

Leave a Comment